Jumat, 16 November 2012

DONOR DARAH NHM


Sering kali kita tidak memperhatikan kesehatan kita, padahal sehat itu sebenarnya mahal. Namun kesehatan tersebut mudah jika kita mau menjaga dan menerapkan pola hidup sehat. Akhir-akhir ini banyak orang yang menderita penyakit yang dialami pada usianya dibawah 17 tahun kebawah mengalami obersitas, diabetes, kanker, dll. Seharusnya penyakit ini lebih dominan dialami oleh orang dewasa
            Kanker merupakan penyakit kronis yang akhir-akhir ini banyak menjangkit masyarakat yang tidak menerapkan pola hidup sehat. Kanker dapat dipicu  dari makanan sehari-hari, kegiatan industri,dll. Makanan yang memicu timbulnya penyakit kanker itu dikarenakan makanan tersebut mengandung pengawet (borak) berbahaya, pewarna non pangan (PNP), pemanis buatan, dan zat-zat yang sering dicampurkan dalam makanan-makanan sehingga makanan tersebut berbahaya bagi yang mengkonsumsinya.
            Penyakit kanker dapat menyebabkan kematian bai penderitanya, contohnya yaitu  kenker sel pembulu darah, kanker hati,kanker paru-paru, dll. Salah satu penanganan secara medis untuk penderita kanker sel pembulu darah, pasien harus melakukan cuci darah. Pada penderita ini diharuskan melakukan cuci darah sesering mungkin.
Untuk mendapatkan darah yang cocok sesuai dengan golongan darahnya pasien, membeli di bank darah (PMI). Jika persedian tidak ada pasien menunggu  atau mencari pendonor darah untuk mendapatkan darah yang sesuai golongan darahnya. Bank darah & PMI bekerja sama dengan PMR & beberapa lembaga lainya untuk mendapatkan darah dari pendonor darah. Beberapa waktu lalu NHM (Ngudia Husada Madura) mengadakan acara donor darah, ternyata banyak sekali mahasiswa yang rela mendonorkan sebagian darah mereka untuk menolonh orang-orang disana yang sangat membutuhkan darah.
BY:
MOH. NASIMURRIYADH ROMADON. HL
EMFISEMA PARU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar