Jumat, 16 November 2012

JERAWAT


Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.Jerawat biasanya selalu timbul di daerah wajah, hal itu dikarenakan kulit pada wajah yang sensitive.Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.
Cara mencegah jerawat:
  1. Cuci muka/bersihkan muka setelah memakai kosmetik
  2. Keringkan muka dengan handuk bersih setelah cuci muka atau mandi
  3. Piih  kosmetik yang sesuai dengan kulit anda
  4. Banyak minum air putih
  5. Banyak makan sayur dan buah
Cara mengobati  jerawat secara tradisional
Berikut adalah bahan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat:.
1.      Daun Sirih
Daun sirih sebanyak 7-12 lembar, kemudian direbus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, angkat dan diamkan hingga hangat-hangat kuku. Rebusan ini gunakan untuk mencuci muka berjerawat, sebaiknya dilakukan secara rutin sebelum tidur malam dan sehabis bepergian. Atau juga rebusan ini bisa juga diminum.
2.      Jeruk Nipis
Sebuah jeruk nipis diperas, sebuah ketimun, dihaluskan dan diperas ambil airnya. Oleskan campuran bahan ke seluruh wajah sebagai masker, setelah 15 menit cuci dengan air hangat.
3.      Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh 5-7 buah, air garam secukupnya ditumbuk halus kemudian airnya dioleskan pada kulit yang berjerawat dua kali sehari, pagi dan malam hari menjelang tidur.
4.      Madu
Madu 2 sendok makan dan putih telur dari satu butir telur, campur jadi satu,  kemudian oleh diwajah sebagai masker, diamkan 30 menit lalu bilas dengan air hangat.
Mencegah Jerawat Parah Dengan Konsumsi Makanan Bernutrisi
Jerawat Parah sebenarnya bisa dicegah dengan perawatan yang baik dan makan makanan yang bernutrisi terutama untuk membantu proses regenerasi kulit. Sebenarnya, tidak ada sumber makanan tertentu yang dapat mencegah jerawat dengan cepat.Karena itu, untuk mencegah Jerawat Parah, Anda harus memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit dengan baik serta makan makanan sehat yang juga dapat memberikan nutrisi pada kulit.Makan sayur dan buah secara teratur dan dalam jumlah banyak telah terbukti dapat mempercantik kulit dan menyembuhkan jerawat lebih cepat.Berikut adalah nutrisi yang biasa terkandung dalam buah dan sayur.
- Konsumsi Vitamin A, E dan C untuk Mencegah Jerawat Parah
Kebanyakan orang tahu bahwa Vitamin A bagus untuk menyehatkan mata.Ternyata, ada banyak khasiat lainnya termasuk untuk menyembuhkan jerawat lebih cepat.Cara kerja vitamin A adalah dengan membantu kulit beregenerasi dengan sempurna hingga tidak ada minyak dan protein yang tertinggal di bawah permukaan kulit. Dengan begitu, bakteri penyebab jerawat yang menyukai minyak dan protein tersebut tidak akan betah tinggal lama di kulit Anda dan Jerawat yang Parah pun akan tercegah.
Sedangkan vitamin E juga dikenal baik sebagai vitamin utama yang dapat mempercantik kulit. Vitamin E juga bisa mendukung peremajaan sel – sel kulit serta melembabkan secara alami sehingga tidak akan ada jerawat yang betah dan menjadi Jerawat Parah. Sementara antioksidan dalam vitamin C, bisa membuat kulit Anda lebih rileks dan bercahaya sehingga jerawat akan mampir sebentar saja tanpa sempat meradang.
 - Mineral Zinc dan Selenium yang Juga Baik untuk Mencegah Jerawat Parah
Sejumlah mineral juga berguna untuk mempercantik kulit serta menghindarkannya dari jerawat karena kandungan antioksidan di dalamnya. Salah satunya adalah Zinc yang bisa mengusir bakteri penyebab jerawat pada kulit sehingga Anda akan terhindar dari Jerawat Parah. Selain itu, mineral selenium juga salah satu yang mengandung antioksidan tinggi. Mineral ini bisa bekerja sama baik dengan vitamin E untuk mempercantik kulit dan menyembuhkan jerawat membandel.
- Konsumsi Cukup Air Putih untuk Mencegah Jerawat
Selain untuk memenuhi cairan tubuh, air putih juga berperan penting untuk proses regenerasi kulit sehingga kulit bisa lebih cantik tanpa Jerawat Parah. Selain itu, air putih juga akan membantu peluruhan toksin dari dalam tubuh, termasuk penyebab kerusakan kulit dan bakteri penyebab Jerawat Parah.
Cara Mencegah Jerawat Meradang
Jerawat Meradang adalah satu hal yang paling menyakitkan bagi si penderita jerawat.Rasanya tidak hanya sakit tetapi terkadang juga disertai gatal.Ingin sekali menggaruk, memencet, dan mengeluarkan isi jerawat itu. Tapi, tentu saja hal ini salah karena akan membuat jerawat bertambah sakit, infeksi, dan bahkan tumbuh lebih banyak lagi. Masalah jerawat adalah masalah kulit paling lazim dialami oleh sebagian besar orang di usia muda baik itu laki – laki atau perempuan. Tapi, jerawat tentu tidak akan terasa parah bila tidak meradang. Berikut cara mencegah Jerawat Meradang;


1. Bersihkan jerawat secara rutin dan sempurna agar tidak menjadi Jerawat Meradang.
Jerawat yang tumbuh sebenarnya salah satu tanda bahwa wajah Anda butuh perawatan lebih intens.Oleh karena itu, pastikan muka Anda yang sedang berjerawat dibersihkan secara rutin terutama setelah bangun dan sebelum tidur serta setelah bepergian.Untuk membersihkan wajah, pilihlah sabun wajah yang paling cocok dengan jenis kulit Anda.Tidak harus menggunakan sabun anti jerawat kalau memang tak memberi pengaruh pada penyembuhan jerawat Anda atau malah menyebabkan Jerawat Meradang. Pilihlah sabun wajah yang mengandung vitamin – vitamin yang bisa mempercepat proses regenerasi sel kulit. Usaplah dengan lembut daerah yang berjerawat, bilas dengan air hangat dan pastikan Anda tidak meninggalkan sisa sabun.
2. Gunakan Bedak dan Make Up Seperlunya Agar Terhindar dari Jerawat Meradang.
Jangan biarkan bedak dan make up menutupi jerawat Anda dalam waktu lama karena akan menimbulkan Jerawat Meradang dan semakin parah. Pakailah bedak dan make up seperlunya agar kulit Anda bisa bernapas lega serta penyembuhan jerawat dapat lebih cepat. Akan lebih baik bila Anda tidak menggunakan bedak atau make up selama di rumah agar pori – pori wajah dan jerawat Anda tidak tersumbat sehingga dapat lebih cepat sembuh.
Oleskan krim atau gel anti jerawat untuk membantu penyembuhan.Sebaiknya, Anda juga tidak asal mencoba obat anti jerawat yang dijual bebas di pasaran.Karena, pada kulit sensitive, obat jerawat terkadang malah menimbulkan jerawat lebih banyak lagi, semakin parah dan juga Jerawat Meradang.Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya.Sebagai alternatif, Anda bisa bermasker dengan masker alami seperti strawberi, tomat, lemon, atau mentimun.Kandungan antioksidannya dapat menyembuhkan jerawat dan meregenerasi sel dengan cepat.

 

Ciri Jerawat Batu dan Cara Alami untuk Mengatasinya

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang paling menyakitkan sulit diobati.Tak seperti jerawat biasa yang lebih mudah sembuh, jerawat jenis ini lebih sulit hilang karena lebih besar dan keras. Pada kondisi yang lebih serius, jerawat batu akan tumbuh di banyak titik pada wajah. Apabila tidak ditangani dengan pengobatan serta perwatan yang maksimal, jerawat ini mungkin saja memenuhi wajah, menimbulkan peradangan, serta membekas sangat dalam pada wajah.

Ciri Jerawat Batu

Meski jenis jerawat batu sudah sangat lazim didengar dalam masyarakat, mungkin masih ada di antara kita yang belum tahu ciri dari jerawat jenis ini.Sesuai namanya, jerawat ini lebih besar dan keras serta sering terasa sakit karena peradangan.Faktor penyebab yang paling umum adalah faktor genetik.
Pada banyak penderitanya, jerawat batu yang tidak ditangani secara serius dapat menyebar ke seluruh bagian wajah dan bahkan leher.Selanjutnya, bekas jerawat jenis ini juga terlihat lebih parah dari jenis jerawat biasa.Bahkan, dapat menimbulkan lubang yang tentu saja merusak kecantikan wajah.

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Apabila Anda sadari bahwa satu atau lebih jerawat yang tumbuh di wajah Anda adalah jerawat batu, maka Anda harus segera mengatasinya agar tidak bertambah besar ukuran dan jumlahnya. Sebaiknya hindari pemakaian obat jerawat yang mengandung bahan kimia karena apabila pengobatan yang diterima jerawat tersebut tidak cocok, akan timbul peradangan yang semakin parah serta bekas yang semakin jelas terlihat. Akan lebih baik bila Anda memilih cara pengobatan alami yang jauh lebih aman.
Pertama, Anda bisa menggunakan tomat sebagai cara alami yang ampuh untuk mengatasi jerawat batu. Kandungan tomat berupa vitamin C, A, dan B1, kalsium, zat besi, dan belerang adalah kandungan yang sangat baik untuk meredakan peradangan serta mengempiskan jerawat.
Caranya sangat mudah, Anda cukup menggosokkan irisan buah tomat matang secara perlahan pada jerawat dan juga permukaan wajah lainnya serta leher.Didiamkan beberapa saat hingga mengering kemudian basuh dengan air hangat. Cara ini aman dilakukan setiap hari dan tidak hanya akan mengobati jerawat tetapi juga mencerahkan wajah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar